Kamis, 13 Agustus 2009 | 09:52 WITA

ENDE, POS-KUPANG.COM — Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Ende selama tahun 2008 menyalurkan kredit mikro kepada masyarakat senilai Rp 78 miliar, atau 83 persen dari total simpanan. Sementara pada semester 1 tahun 2009 jumlah kredit yang telah disalurkan sebanyak Rp 89 miliar, naik Rp 11 miliar dari tahun lalu.

Pimpinan BRI Cabang Ende, Tri Handono mengatakan hal itu pada penarikan undian Simpedes di Lapangan Pancasila-Ende, Sabtu (8/8/2009) malam.

Untuk tahun 2009, ujar Tri Handono, pihaknya menargetkan dapat menghimpun dana dari masyarakat kurang lebih Rp 120 miliar, serta penyaluran kredit di BRI unit Rp 110 miliar.

Dikatakannya, BRI unit di Kabupaten Ende juga telah menyalurkan kredit usaha rakyat (KUR) yang merupakan progam pemerintah yang diberikan kepada pengusaha mikro dengan persyaratan yang sangat mudah.

Adapun dana masyarakat yang berhasil dihimpun dalam bentuk tabungan Simpedes di seluruh BRI unit, yaitu BRI Unit Maurole, Detusoko, Wolowaru, Marilonga, Paupire, Nusantara dan Unit Ndorurea serta Maukaro pada tahun 2008 senilai Rp 94 miliar. Sedangkan semester 1 tahun 2009 tabungan Simpedes telah mencapai 99,5 miliar.

Dari Ruteng dilaporkan, BRI Cabang Manggarai, Manggarai Barat dan Manggarai Timur menggelar Pesta Rakyat Simpedes (PRS) 2009 dengan menjual sembako murah, membuka rekening baru, pawai keliling Kota Ruteng, drumband dan marching band.

Kegiatan ini dibuka Asisten III Setda Manggarai, Frans Atom, S.H, di Lapangan Motang Rua, Sabtu (8/8/2009).

Frans Atom dalam sambutan mengatakan, selama ini tambungan Simpedes mendapat simpati masyarakat.

Pimpinan Cabang, BRI Ruteng, Sabarno mengatakan, rangkaian acara PRS 2009 dikemas sedemikian rupa dan melibatkan banyak orang sekaligus merangsang masyarakat untuk giat menabung.

“Menabung dapat meminimalisir kemiskinan. Sementara jumlah penabung di BRI pada tiga wilayah kabupaten ini mencapai 30.000-an nasabah,” jelasnya. (*)