Sabtu, 22 Aug 2009

Pelantikan Anggota DPRD Ende Ditunda

ENDE, Timex-Pelantikan Anggota DPRD Ende periode 2009-2014 yang sedianya dilaksanakan, Jumad (21/8) kemarin ditunda. Penundaan ini karena surat keputusan Gubernur NTT baru diterima DPRD Ende sehari sebelumnya, Kamis (20/8). Pelantikan dijadwalkan kembali Kamis (27/8).
Kepastian ini setelah adanya kesepakatan antara pemerintah dan Panitia Musyawarah DPRD Ende, Kamis (20/8) malam dalam rapat yang digelar di Ruang Sidang DPRD Ende. Penundaan tersebut karena keterlambatan Surat Keputusan Gubernur mengenai jadwal pelantikan. Surat tersebut baru sampai Kamis (20/8) dan langsung dibahas anggota Panmus DPRD Ende.

Dalam rapat Panmus yang membahas waktu pelantikan tersebut, muncul beberapa usulan mengenai waktu pelantikan. Perbedaan pendapat yang mengemuka menyebabkan alotnya persidangan hingga Ketua Panmus, Johanes Woda Moa beberapa kali melakukan skors. Pada malam harinya rapat Panmus dilanjutkan dan disepakati pelantikan dilaksanakan pada Kamis (27/8).

Rapat Panmus ini dipimpin Wakil Ketua Dewan, Johanes Woda Moa yang didampingi Wakil Ketua DPRD Ruben Resi dan dihadiri anggota Panmus DPRD Ende. Unsur pemerintah hadir Pejabat Sekretaris Daerah Bernadus Guru yang juga Asisten III Setda Ende.

Salah seorang anggota Panmus, Abdul Kadir H. Mosa Basa mengusulkan dilaksanakan pada tanggal 3 September. Tenggang waktu yang ada dari masa berakhir DPRD periode sebelumnya 21 Agustus dapat digunakan pemerintah untuk mempersiapkan terkait pelantikan. Ia juga mengusulkan dalam tenggang waktu sebelum pelantikan, anggota Dewan bisa menggunakan kesempatan untuk membahas kebijakan umum APBD 2010.

Menurutnya, jika tidak dibahas oleh anggota DPRD yang masih menjabat maka dikhawtirkan sulit bagi anggota dewan terpilih untuk menyelesaiakan KU APBD 2010. “Selain itu secara efektif anggora Dewan yang baru akan efektif bekerja pada bulan Nopember sehingga pembahasan KU APBD 2010 bisa terlambat,” kata Mosa Basa.

Anggota Panmus lainnya, Agil P. Ambuwaru menganjurkan agar pelantikan dipercepat. “Lebih cepat lebih baik dan memberikan kesempatan Dewan yang baru untuk bekerja dan kepada anggota Dewan yang lama sudah selesai tugasnya dan berikanlah kesemapatan kepada yang baru untuk melaksanakan tugas,” kata Ambuwaru. Akhirnya pada Kamis (20/8) malam disepakati secara aklamasi pelantikan dilaksanakan Kamis (27/8).

Padahal ada di kediaman beberapa anggota dewan yang baru terpilih sudah dibangun tenda untuk acara syukuran. Hal ini karena sesuai informasi awal, pelantikan dilaksanakan Jumat (21/8). Sementara limit waktu keputusan akhir penundaan terjadi pada Kamis (20/8) malam.
Di beberapa kediaman anggota Dewan terpilih tersebut tetap melaksanakan acara syukuran. (kr7)