Rabu, 02 Sep 2009

Sail Indonesia Singgah di Ende

ENDE, Timex-Peserta Sail Indonesia dipastikan tiba di Kabupaten Ende, 5 September 2009 mendatang. Beberapa kapal yang sebemlunya mengikuti Sail di Bunaken akan menyinggahi perairan Nanganio di Desa Watu Kamba Kecamatan Maurole.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Ende, Anna Any Labina, Senin (31/8) di Ende. Anna dimintai keterangan menyangkut kedatangan peserta Sail di Kabupaten Ende. Peserta Sail berada di Kabupaten Ende hingga 9 September 2009.

“Persinggahan Sail Indonesia di Kabupaten Ende akan terjadi di Kecamatan Maurole khususnya di Pantai Nanganio, Desa Watu Kamba. Diperkirakan kapal yang akan merapat ke Nanganio ini 15 kapal. Ini berdasarkan informasi yang kami dapat dari Yayasan Cinta Bahari yang merupakan koordinator Sail Indonesia ini,” kata Any.

Minimnya jumlah kapal ini, jelas Any, karena gelombang laut yang tidak bersahabat. Sehingga banyak kapal yang hanya berlindung di pulau-pulau kecil di utara Ende. Bahkan ada yang tidak menyinggahi Ende.

Untuk diketahui, even wisata bahari terbesar ini diikuti 133 kapal (yacht) yang resmi bertolak dari Darwin Australia dengan kru 400 orang yang berasal dari 24 negara. Sail Indonesia 2009 ini sendiri dikoordinir Yayasan Cinta Bahari Indonesia. Dalam Sail ini, YCBI bekerja sama dengan pemeritah daerah di 16 destinasi yang tersebar di 15 kabupaten atau kota dan enam propinsi termasuk NTT yakni Ende, Nagekeo dan Labuhan Bajo.

Sementara itu menurut Kadis Pariwisata Ende, kegiatan Sail ini disamping sebagai ajang promosi potensi wisata alam, bahari dan budaya di Kabupaten Ende, tetapi juga memberi motivasi kepada masyarakat.

“Diharapkan kegiatan sebagai ruang membuka partisipasi masyarakat agar terlibat nyata dan bertanggung jawab menjaga dan melestarikan budaya dan obyek wisata yang ada di Kabupaten Ende,” katanya.

Adapun obyek yang akan dikunjungi para Sailor adalah Danau Kelimutu, Museum Bung Karno, Museum Tenun Ikat, Perkampungan Adat Wologai dan Kolam Air Panas Oka di Kecamatan Detusoko. Karena itu ia berharap dengan adanya Sail ini menjadi ajang promosi pariwisata yang efektif untuk membangun pariwisata Kabupaten Ende. (kr7)