Jumat, 04 Sep 2009, | 7

Masyarakat Sayangkan Orientasi Dewan

ENDE, Timex-Beberapa kalangan masyarakat Kabupaten Ende sangat menyayangkan keberangkatan 30 anggota DPRD Ende yang akan mengadakan orientasi di Departemen Dalam Negeri. Menurut mereka, kegiatan tersebut hanya akan menghabiskan dana, padahal bisa dilaksanakan di Ende yang lebih efisien.

Hal ini disampaikan salah satu tokoh masyarakat Ende H. Abdul Mustofa kepada koran ini, Kamis (3/9) di Ende. Dikatakan Mustofa, seharusnya uang yang dianggarkan ratusan juta rupiah tersebut diperuntukan bagi masyarakat ketimbang untuk bepergian ke Jakarta.

“Kalau itu memang baik untuk mereka dan sudah dianggarkan sebelumnya tidak menjadi masalah. Tetapi alangkah baiknya jika mendatangkan saja pihak-pihak terkait ke Ende sehingga biayanya dapat ditekan dan sisanya untuk membangun masyarakat,” kata Mustofa.

Hal yang sama disampaikan oleh kalangan muda. Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Cabang Ende mengkritisi keberangakatan para anggota Dewan yang baru di lantik ini. Mereka sangat menyangkan keberangkatan anggota Dewan yang belum bekerja namun sudah berangkat ke Jakarta untuk menghabiskan keuangan Daerah. Seperti yang disampaikan Ketua GMNI Cabang Ende, Andreas Eusebius kepada koran ini bahwa dirinya sangat tidak setuju dengan orientasi dimaksud.

Sementara itu Sudrasman Nuh, anggota Dewan dari dari Paratai Bulan Bintang ketika ditemui sebelum keberangkatan, Kamis (3/9) mengatakan dirinya setuju saja jika orientasi kepada para anggota Dewan dilaksanakan di Ende. Tinggal mendatangkan para pejabat dari Depdagri untuk memberikan pembekalan.

“Karena orientasi tersebut sangat penting dan sesuai dengan regulasi maka harus dijalankan. Kalau ada yang efektif dan efisien kenapa tidak,” kata Nuh. Ia mengaku menghormati apa pun keputusan karena merupakan keputusan secara kelembagaan.

Anggota DPRD Ende lainnya, Anwar Liga juga menyambut baik adanya orientasi ini. Karena menurutnya dari 30 anggota Dewan didiminasi wajah baru. “Untuk itu perlu adanya kegiatan orientasi tugas sehingga ke depan dalam membuat keputusan sudah sesuai dan tepat seturut regulasi dan tidak mengambang,” katanya.

Keberangakatan para anggota Dewan dilaksanakan dua gelombang. Gelombang pertama, Kamis (3/9) selanjutnya gelombang kedua akan berangkat setelah gelombang pertama kembali. Mereka juga akan didampingi staf Sekretriat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Ende. (kr7)