Kamis, 24 Sep 2009, | 3

Warga Kota Padati Obyek Wisata

ENDE, Timex-Bertepatan dengan liburan hari raya Idul Fitri dan cuti bersama bagi para Pegawai Negeri Sipil, banyak obyek wisata yang terdapat di Kabupaten Ende ramai dikunjungi. Ratusan warga kota Ende maupun dari luar kota berbondong-bondong mengunjungi obyek wisata.

Seperti terlihat di hari pertama liburan lebaran tepatnya, Senin (21/9). Banyak kawula muda berbondong-bondong mengunjungi obyek wisata danau kebanggaan, Kelimutu. Ratusan sepeda motor dan rombongan yang menggunakan mobil pribadi menuju danau tri warna itu.

“Kami datang berwisata ke danau tiga warna ini hanya untuk bersenang-senang dan melihat keindahan danau ini. Kami sekeluarga setelah beribadah ‘saum’ maka saat ini kami mau melepaskan kegembiraan menyambut lebaran dengan berwisata bersama keluarga,” kata Usman Hamid salah seorang warga kota Ende yang mengunjungi danau Kelimuti bersama keluarga.

Ditemui di tempat pemandian Air Panas Oka Detusoko, Usman mengakui banyak warga yang berwisata di danau kelimutu. Dirinya mengatakan setelah kembali dari Kelimutu itulah bersama keluarga singgah di Detusoko untuk mandi Air Panas.

Sementara itu, A. Cung, warga keturunan China yang tinggal di Jalan Cumi-Cumi di tempat yang sama mengatakan dirinya juga bersama keluarga datang ke tempat pemandian Air Panas itu karena ingin mengisi liburan sekolah anak-anaknya. Meski tidak merayakan Lebaran tetapi ia sangat menghormati hari besar keagamaan ini dengan tidak membuka usahanya dan meliburkan seluruh karyawannya.

Bukan saja tempat obyek wisata yang sudah terkenal yang dikunjungi para warga kota. Obyek wisata lainnya yang juga dikujungi oleh para warga kota seperti di Bitta Beach, pantai Ende dan Nangaba juga di kunjungi warga kota Ende.

Di tengah kunjungan ke obyek-obyek wisata lainnya di luar kota, arena bermaian anak yang terletak dalam kota sepi. Seperti di taman Ria Ende arena bermain anak ini tidak dibuka oleh pengelolanya. Hal ini membuat kekecewaan beberapa orang tua karena tidak bisa mengajak bermaian anaknya di tempat itu.

“Mestinya pada hari libur seperti ini arena ini dibuka. Apalagi pas libur lebaran. Mungkin penjaganya juga lagi liburan tetapi paling tidak hiburan untuk anak-anak ini harus tetap dibuka,” kata Ny. Mariam, seorang pengunjung. Dia berharap ke depan pemerintah daerah atau pengelola bisa membuka arena ini khusunya pada hari-hari libur.

Hingga hari terakhir liburan masyarakat tetap berbondong-bondong ke tempat wisata baik di danau Kelimutu, Air Panas Oka Detusoko maupun di pantai-pantai yang ada di kota Ende. (kr7)