Dinas Pariwisata Kabupaten Ende saat ini sedang membuat rencana induk pengembangan kebudayaan dan pariwisata di daerah ini. Rencana pengembangan itu dibagi dalam 2 kawasan wisata yaitu pengembangan wisata satu yakni meliputi Kota Ende dan sekitarnya dan pengembangan kawasan wisata dua yaitu Lokasi Air Panas Detusoko di Kacamatan Detusoko, Danau Kelimutu di Kecamatan Kelimutu serta Perkampungan adat Wolotopo di Kecamatan Ndona. Hal ini disampaikan Kepala Dinas (Kadis) Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Ende Dra Anna Anny Labina. Kamis (25/9)

Kadis Labina mengatakan ikon besar Kabupaten Ende yang bisa dijual kepada wisatawan adalah Situs Bung Karno di Kota Ende dan Danau Kelimutu di Kacamatan Kelimutu. Untuk itu rencana pengembangan kawasan wisata dalam 2 kawasan itu untuk saling mendukung kedua icon tersebut.

Selain Situs Bung Karno, kata Kadis Labina, pengembangan kawasan wisata satu yang harus ditata untuk bisa menarik minat para wisatawan adalah Meseum Bahari, Museum Tenun Ikat dan tempat-tempat pengrajin rakyat disekitar Kota Ende. Sedangkan pengembangan kawasan dua selain Air Panas Detusoko di Kacamatan Detusoko, dikawasan itu juga harus ditata dan ada tempat agrowisata. Karena di daerah tersebut kata Kadis Labina, selain ada lahan persawahan (pertanian) dan juga harus ada lahan perkebunan. “ Tetapi untuk membuat tempat agrowisata itu harus ada kerjasama lintas sektor dan perlu dibangun rumah makan atau restoran yang menu lauknya bisa dari ikan air tawar, “ kata Kadis Labina.

Lebih lanjut Kadis Labina menjelaskan untuk kawasan Danau Kelimutu, keindahan alamnya sudah sangat menakjubkan dan mendunia. Untuk mendukung keindahan tersebut lanjut Kadis Labina, saat ini pihak Taman Nasional Kelimutu(TNK) sudah menbangun lokasi wisata minat khusus yaitu untuk tracking sepanjang 8,5 km. Untuk lokasi tracking itu melewati kebun-kebun petani yang didalamnya ada tanaman pertanian dan buah-buahan serta perkampungan adat. Sedangkan untuk perkampungan adat Wolotopo kata Kadis Labina, sudah asri dan rapi. (adm)

Sumber : http://www.endekab.go.id/index.php?menu=cds2&action=dibaca&id=181