Kamis, 08 Oct 2009, | 8

KAE Galang Dana Solidaritas

Untuk meringankan penderitaan korban gempa Padang Pariaman dan sebagai mewujudkan rasa solidaritas terhadap sesama, Keuskupan Agung Ende (KAE) menggalang aksi solidaritas…

dengan mengumpulkan bantuan berupa barang dan uang dari umat Katolik di Keuskupan Agung Ende.

Hal ini sesuai dengan himbauan Uskup Agung Ende Mgr. Vinsensius Sensi Potokota, Pr melalui mimbar Gereja dan media yang ada di kota Ende. Dikatakan Uskup Sensi, akibat bencana gempa bumi di Padang Pariaman 30 September 2009 lalu itu, banyak korban berjatuhan, ribuan orang tewas dan hilang, kerugian material tak dapat dihitung. Karena itu ia menghimbau umat Katolik agar memberi simpati kepada warga Padang Pariaman yang terkena musibah tersebut.

“Saya menghimbau para Romo Vikep (Ende dan Bajawa), Pastor Paroki, pemimpin lembaga Katolik, pemimpin biara, organisasi-organisasi untuk menggalang dana bagi korban di Padang Pariaman. Dan juga dengan penuh iman berdoa dan merasakan duka mereka. Kiranya Allah Maha Rahim melindungi mereka. Karena duka mereka adalah duka kita juga,” kata Mgr. Sensi dalam himbauannya.

Mgr. Sensi juga mengatakan, pada perayaan Ekaristi Minggu biasa XXVIII tanggal 11 Oktober 2009 diwajibkan kepada seluruh Gereja dan Kapela yang ada distasi-stasi menggunakan kolekte misa bagi korban gempa di Padang. Batas akhir pengumpulan hingga 31 Oktober 2009. Sementara itu dihimbau juga kepada para simpatisan yang ingin menyumbanh langsung dimasukan dalam rekenening Ekonom Keuskupan Agung Ende melalui Bank BRI dan BNI. Untuk BRI dengan nomor rekening 0024-01-000270-30-2 dan rekening BNI 284.700026663.9.01.

Lebih lanjut dikatakan Mgr. Sensi, bantuan ini akan diserahkan melalui Crisi Centre di Konferensi Wali Gereja Indonesia (KWI) Jakarta. Sementara itu beberapa umat yang ditanyai menyangkut himbauan Uskup Agung Ende Mgr. Vinsensius Sensi tersebut, menyambut baik himbauan tersebut. Menurut mereka, hal itu merupakan bentuk solidaritas dan rasa kesetiakawanan sosial terhadap sesama yang menderita akibat korban gempa yang maha dasyat itu.

“Secara pribadi saya sangat setuju dengan himbauan Bapa Uskup Agung Ende ini. Karena bagaimanapun sama saudara kita di sana sangat membutuhkan pertolongan kita. Karena itu sebagai umat beriman kita harus membantu saudara-sudara kita yang menderita,” kata Melkior KB, warga Ende.

Dia juga mengajak agar umat dapat merespon positip ajakan dan himbauan dari uskup tersebut dengan memberikan derma yang secukupnya sesuai dengan intensi dan kemampuan.

Sementara itu pantauan koran ini di Posko Peduli Bencana Alam untuk Padang kurang lebih sudah terkumpul Rp18 juta. Posko terus menanti uluran tangan dan bantuan kemanusiaan bagi korban gempa Padang Pariaman. (kr7)

Sumber : http://www.timorexpress.com/index.php?act=news&nid=37023