Selasa, 13 Oct 2009, | 19
Anwar Liga Jadi Wakil Ketua Dewan

Setelah menunggu sekian lama, akhirnya DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menetapkan Anwar Liga sebagai Wakil Ketua DPRD Ende mendampingi dua pimpinan lainnya yakni Marcelinus Petu sebagai ketua dan Fransiskus Tasso sebagai wakil ketua.

Penetapan Anwar Liga sebagai salah seorang wakil ketua didasarkan atas surat Keputusan DPP PKB dengan Nomor: 4540/DPP-03/V/A.1/IX/2009.

“Surat ini kami terima dari Dewan Pimpinan Pusat PKB di Jakarta yang ditandatangani oleh Ketua Umum, Muhaimin Iskandar dan Sekretaris Jenderal Lukaman Edy. Dalam surat tersebut disebutkan pembatalan Surat DPP PKB Nomor 4568/DPP-03/V/A.1/IX/2009 dan persetujuan M Anwar Liga untuk menjadi Wakil Ketua DPRD Kabupaten Ende,” demikian kata Sekretaris DPC PKB Kabupaten Ende, Baltasar Sayetua, Senin (12/10) di Gedung DPRD Ende.

Dengan demikian, kata Baltasar, polemik dan isu-isu yan berkembang selama ini mengenai adanya dua kader PKB yang sama-sama berjuang untuk maju menjadi calon wakil ketua DPRD Ende terjawab dengan ditetapkannya Anwar Liga sebagai Wakil Ketua DPRD Ende berdasarkan surat Keputusan DPP PKB.

Lebih jauh Baltasar mengatakan, surat keputusan tersebut telah diserahkan kepada Sekretaris Dewan untuk ditindak lanjuti, Sabtu (10/10) pekan lalu. Dipilihnya Anwar Liga, kata Baltasar, sudah melalui mekanisme partai yang berlaku dan prosedur yang ada. Keputusan itu, katanya, sudah final dan merupakan surat terakhir yang dikeluarkan oleh PKB. Dia juga mengatakan, semua prosedur yang ditempuh sudah melalui mekanisme partai dan hasil rapat internal partai.

Sementara itu, Anwar Liga ketika dikonfirmasi tentang kebenaran penetapan dirinya menjadi Wakil Ketua DPRD Ende membenarkan dirinya sudah ditetapkan sebagai salah seorang wakil ketua dewan. Ditemui di Gedung Dewan, Senin (12/10) Anwar mengatakan, apapun putusan partai dirinya sangat menghormati.

Setelah ditetapkan sebagai Wakil Ketua DPRD Ende, kata Anwar, dirinya siap memperjuangkan amanah yang sudah disampaikan oleh partai. Karena itu, ia berjanji akan meperjuangkan amanah yan sudah dititipkan kepada dirinya.

“Ketika saya menjadi anggota dewan maka saya sudah berjuang dan komit membela kepentingan rakyat. Apalagi kini saya ditetapkan oleh DPP menjadi wakil ketua dewan maka kerja saya bukan untuk partai tetapi bagi masyarakat Kabupaten Ende seluruhnya. Saya komit untuk berjuang demi bagi kepentingan rakyat,” kata Anwar.

Pada kesempatan itu, ia juga menjelaskan tentang mekanisme hingga dirinya akhirnya ditetapkan oleh DPP PKB sebagai wakil ketua DPRD Ende. Ia mengakui DPC PKB Ende mengusulkan dirinya dan Abdul Kadir Mosa Basa menjadi wakil ketua dewan. Oleh DPP PKB diadakan ‘fit and proper test’ yang diadakan di Sekretariat DPP PKB di Jakarta.

Awalnya, Mosa Basa yang mengikuti tes tersebut dan menyusul dirinya pada tanggal 28 September 2009 lalu. Dan pada hari yang sama dikeluarkan surat persetujuan menetapkan dirinya sebagai wakil ketua dewan.

Untuk diketahui dalam surat tertanggal 28 September 2009 tersebut, Dewan Pengurus Pusat PKB, berdasarkan hasil ‘fit and proper test’ memutuskan hal-hal sebagai berikut, membatalkan Surat DPP PKB nomor 4568/DPP-03/V/A>!/IX/2009 tanggal 9 september yang telah menetapakan Abdul Kadir M. Basa sebagai calon wakil ketua DPRD Ende dan memberikan persetujuan kepada M. Anwar Liga menjadi wakil ketua dewan. (kr7)

Sumber : http://www.timorexpress.com/index.php?act=news&nid=37149