Lomba Cepat Tepat Kelompok Sadar Wisata ( Pokdarwis ) Tingkat Propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang diselenggarakan di Kabupaten Ende berhasil menempatkan Kabupaten Belu di Peringkat Pertama. Keberhasilan Kabupaten Belu tersebut mengikis harapan sedikitnya dua belas Kabupaten yang mengikuti ajang lomba dimaksud dari 22 kabupaten yang ada di Nusa Tenggara Timur.Tampil mengenakan busana daerah masing-masing, para peserta dengan sigap dan lancar menjawab setiap pertanyaan dari para Juri.

Gubernur Nusa Tenggara Timur, Drs Frans Lebu Raya dalam sambutan tertulis yang dibacakan Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Kabupaten Ende Drs Fransiskus Lasa sebelum menutup kegiatan Lomba Cepat Tepat mengatakan sektor pariwisata merupakan salah satu sektor yang perlu mendapat apresiasi yang tinggi dalam rangka mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat lokal yang pada gilirannya mengarah pada Pendapatan Asli Daerah (PAD). Apa lagi kebijakan nasional yang menetapkan NTT sebagai salah satu destinasi unggulan pariwisata. Hal ini menunjukan sektor pariwisata menjadi primadona untuk mendongkrak perekonomian daerah maupun nasional.

Lebih lanjut Lebu Raya mengatakan, dengan ajang lomba ini kiranya kepariwisataan NTT semakin hari semakin baik dengan adanya peningkatan kunjungan wisata ke daerah NTT baik itu wisatawan domestik maupun manca negara. “Dengan lomba cepat tepat antar kelompok sadar wisata , saya berharap kepariwisataan NTT semakin baik dari hari ke hari dan akibat lainnya kunjungan wisata domestik maupun mancanegara kian pesat. Untuk itu perlu kreativitas dalam perencanaan pembangunan daerah agar potensi yang ada dapat dikembangkan secara maksimal dalam upaya meningkatkan kesejahteraan rakyat dan upaya menanamkan cinta tanah air dan bangsa.”ungkap Leburaya

Adapun pemenang Lomba Pokdarwis Tingkat Kabupaten Se Propinsi NTT, Juara pertama Kabupaten Belu, Juara kedua Kabupaten Flores Timur dan Juara ketiga Kabupaten Ende. Sedangkan untuk Juara Harapan Pertama Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU), Juara Harapan Dua Kabupaten Manggarai dan Juara Harapan Ketiga Kabupaten Rote.(Adm) Tampak Gambar : Para Juri Lomba Cepat Tepat.

Sumber : http://www.endekab.go.id/index.php?menu=cds2&action=dibaca&id=188