Sabtu, 10 Oct 2009, | 10
Kabupaten Ende Peringati HPS

Peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) di Kabupaten Ende digelar hari ini, Sabtu (10/10) bertempat di Kecamatan Maukaro. Peringatan HPS akan dihadiri unsur Muspida dan para anggota dewan serta pimpinan SKPD dan masyarakat.
Bupati Ende, Don Bosco M Wangge dalam sambutannya menyongsong HPS, mengatakan HPS yang digelar ini mulai dirayakan ketika dibentuknya Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Pertanian (BKP3) Kabupaten Ende. “Dan ini sesuai dengan penetapan Badan PBB FAO (Food and Agriculture Organization) bahwa tanggal 16 Oktober ditetapkan sebagai Hari Pangan Sedunia,” kata Don, Jumat (9/10) di Ende.

Adapun tema yang diangkat pada peringatan Hari Pangan Sedunia Kabupaten Ende tahun ini adalah ‘Meningkatkan Produksi dan Konsumsi Pangan Lokal Menuju Ende Swasembada Pangan 2012’. Tema ini, kata Bupati Don, sejalan dengan kebijakan pemerintah yang mengembangakan sistem ketahanan pangan berbasis pada keragaman sumber daya bahan pangan lokal dalam rangka menjamin ketersediaan pangan dan gizi dalam jumlah dan mutu yang memadai. Selain itu tingkat harga yang terjangkau dengan memperhatikan peningkatan pendapatan petani.

“Saya mengajak kita semua agar kegiatan HPS tahun ini dijadikan momentum untuk menggalang kembali produksi dan konsumsi pangan lokal guna memperkokoh ketahanan pangan pada setiap rumah tangga guna mewujudkan Ende Swasembada Pangan 2012. Dan saya ajak untuk kembangkan kembali berbagai jenis menu olahan dan maskan khas daerah untuk menjamin pola konsumsi yang memenuhi B3A yakni Beragam, Bergizi, Berimbang dan Aman” kata Don.

Bupati Don juga menyambut baik lomba cipta menu beragam, bergizi, berimbang dan aman berbasis pangan lokal yang diselenggarakan tiap tahun atas kerjasama BKP3 dan Tim Penggerak PKK Kabupaten Ende. Lomba ini melibatkan anggota PKK dari setiap kecamtan.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat dalam menggugah masyarakat terutama generasi muda untuk meningkatkan apresiasi terhadap jenis pangan lokal serta menu dan masakan khas daerah Ende Lio sekaligus megurangi ketergantungan pada pangan beras,” kata Don.

Pada kesempatan itu, Bupati Ende, Don Bosco M Wangge juga menghimbau masyarakat Kabupaten Ende khususnya para petani, peternak dan nelayan agar selalu berusaha dengan sungguh-sungguh untuk meningkatkan produksi pangan baik berupa tanaman, ternak maupun ikan untuk mencapai swasembada pangan 2012. (kr7)

Sumber : http://www.timorexpress.com/index.php?act=news&nid=37083