Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Ende, Dra Anna Anny Labina.Kamis(15/10) membuka Festival Theater Tingkat SLTA /MA se daratan Flores Bertempat di Wisma Bina Ola Gari jalan Melati Ende. Kegiatan ini dalam rangka mengembangkan apresiasi para pelajar terhadap kebudayaan daerahnya sendiri.

Bupati Ende Drs Don Bosco M Wangge, M.Si dalam sambutan yang dibacakan oleh Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Anny Labina mengatakan Festival Theater yang dilaksanakan ini merupakan ajang kompetisi bagi para siswa/siswi sebagai generasi muda untuk menyalurkan minat dan bakat dalam hal theater serta sebagai ajang mencipta dan mengapresiasikan karya sastra untuk di dramatisasikan. Sebagai ajang kompetisi tentu ada yang kalah dan menang begitu pula lomba-lomba lainya. “Bagi anak-anakku yang belum berhasil menjadi yang terbaik jangan patah semangat, berusahalah berpartisipasi pada kesempatan dan lomba yang lain”, kata Kadis Labina.Lebih lanjut Kadis Labina mengatakan hasil yang diperoleh melalui festival ini meberikan informasi bagi semua pihak terutama guru dalam hal theater untuk perbaikan pada masa yang akan datang karena keberhasilan siswa adalah keberhasiln guru juga, Kadis Labina berpesan agar berlaku sportifitas karena ajang ini menjadi koreksi untuk keberhasilan yang akan datang. Juga kepada para juri agar berlaku objektif dalam penjurian..

Sementara itu Ketua Penyelenggara ,Rasyid Abdulah dalam laporannya mengatakan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mendorong para peserta khususnya para pelajar SLTA/MA untuk mengenal dan memahami serta menghayati berbagai cerita rakyat di daerah yang digubah dalam naskah theater , bersikap kreatip, apresiatif terhadap karya sastra disamping sebagai tempat penyaluran minat dan bakat serta mendorong kemampuan dalam menciptakan dan berakting.

Abdullah mengatakan kegiatan ini berlangsung selama 5 hari dari tanggal 14 hingga 18 Oktober 2009 bertempat di Aula SMAK Syuradikara dan diikuti oleh SLTA/MA sedaratan Flores diantaranya, dari Kabupaten Ngada, Nagekeo, Ende, Sikka dan Flores Timur. Sedangkan naskah disiapkan oleh para peserta berdasarkan cerita rakyat dari daerah masing-msing dengan jumlah peserta 14 orang. Sebagai dewan juri dari para Dosen Sastra Undana Kupang. Tema yang diambil dari Festival Theater ini adalah, “ Dalam Rangka Menanamkan Jati Diri dan Kebanggaan Terhadap Budaya Daerah , Kita Tingkatkan Semangat dan Kreatifitas Seni Theater Daerah”. dengan Sub Tema ‘ Melalui Festival Theater Tungka SLTA/MAN se daratan Flores kita tanamkan Rasa Cinta Dunia Theater Kepada Generasi Muda yang bernuansa Budaya Daerah”. (adm) Tampak Gbr : Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Ende, Dra Anna Anny Labina dan Kepala PBSID UPT Dinas Pariwisata Prop. NTT Pius Rasi.

Sumber : http://www.endekab.go.id/index.php?menu=cds2&action=dibaca&id=186