Senin, 12 Oct 2009, | 12
Terbentuk Fraksi Pemuda Kebangsaan Berdaulat

ENDE, Timex-Bertempat di ruang rapat lantai II Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Ende, tiga partai politik antara lain, Partai Pemuda Indonesia, Partai Demokrasi Kebangsaan dan Partai Kedaulatan membentuk fraksi gabungan yang diberi nama.. Fraksi Pemuda Kebangsaan Berdaulat sekaligus komposisi pengurusnya.

Hal ini disampaikan Ketua Fraksi Gabungan Pemuda Kebangsaan Berdulat, Gabriel Dala Ema yang didampingi Sekretaris Fraksi Efraim Belarminus, Jumad (9/10) di Gedung DPRD Ende. “Kami sudah memberikan nama untuk fraksi gabungan bentukan beberapa partai yaitu Partai Pemuda Indonesia, Partai Kedaulatan dan Partai Demokrasi Kebangsaan dengan nama Fraksi Pemuda Kebangsaan Berdaulat. Dan kami juga sudah memutuskan dan menetapkan personil-personil dalam mengisi alat kelengkapan dewan sesuai dengan regulasi yang berlaku,” kata Gaby Ema.

Untuk itu, tambah Gaby yang juga Direktur LAK ini, fraksi gabungan ini siap untuk berjuang demi memperjuangkan aspirasi masyarakat.

Pada kesempatan ini, Gaby juga menguraikan tentang alat kelengkapan yang sudah menjadi konsensus bersama tiga partai pendukung Fraksi Gabungan Pemuda Kebangsaan Berdaulat. Diantaranya, Ketua Komisi, Gabriel Dala Ema (Partai Kedaulatan), Wakil Ketua H. Sarwo Edy (PPI), Sekretaris Efraim Belarminus (PPI). Anggota Heribertus Gani (PKD) dan Maximus Deki (Partai Kedaulatan).

Sementara itu, fraksi Pemuda Kebangsaan Berdaulat berhasil menetapkan personilnya dalam mengisi Komisi-Komisi di DPRD Ende. Komisi A yang membidangi Pemerintahan ditempati Maximus Deki, Komisi B tentang Anggaran oleh Gabriel D Ema dan Sarwo Edy serta Komisi C tentang Pendidikan oleh Herybertus Gani dan Efraim Belarminus.

Berkaitan dengan penempatan untuk Badan Musyawarah dipercayakan kepada Maximus Deki, Badan Anggaran Gabriel Dala Ema, Herybertus Gani dan Efraim Belarminus. Sementara untuk Badan Kehormatan belum diisi menanti perkembangan lebih lanjut. Sementara Badan Legislasi, fraksi ini mempercayakan kepada Efraiam Belarminus.

Pada kesempatan itu, Sekretaris Fraksi Pemuda Kebangsaan Berdaulat, Efraim Belarminus mengatakan berdasarkan kesepakatan para anggota fraksi dan sesuai dengan regulasi, ketua dan keanggotaan fraksi berlaku untuk 2,6 bulan.

Karena itu, katanya, selanjutnya dapat diganti setelah dua setengah tahun berjalan. “Pergantian ini harus sesuai dengan regulasi atau tata tertib yang ada. Tetapi bagaimanapun tergantung dari para anggota yang tergabung dalam fraksi Pemuda Kebangsaan Berdaulat, apakah diganti atau tetap mempertahankan personil yang sudah ada,” kata Efraim.

Sementara itu Efraim juga menambahkan, konsep hasil dari rapat pembentukan Fraksi Gabungan Pemuda Kebangsaan Berdaulat ini akan diserahkan kepada pimpinan dewan untuk selanjutnya disahkan lewat paripurna yang jika tidak ada hambatan pada hari ini (12/10).

Para anggota Fraksi Pemuda Kebangsaan Berdaulat, kata Efraim, sudah memiliki komitmen untuk konsisten dalam memperjuangkan kepentingan masyarakat. (kr7)