Selasa, 20 Oct 2009, | 3

Pimpinan DPRD Ende Ditetapkan
Bersama Pimpinan Fraksi

ENDE, Timex-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Ende menggelar rapat Paripurna Pembentukan Fraksi dan Penetapan Pimpinan DPRD Defenitif masa bakti 2009-2014.
Rapat dipimpin Ketua Sementara DPRD Ende, Marcelinus Petu dari Partai Golkar didampingi Wakil Ketua Sementara dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Fransiskus Taso.

Rapat berlangsung, Senin (19/10) dihadiri Bupati Ende, Don Bosco M Wangge, Wakil Bupati Ende Achmad Mochdar, Plt. Sekda Ende, para Staf ahli dan seluruh pimpinan SKPD dan jajaran eksekutif laiannya.

Sebelum dimulainya rapat paripurna dimaksud, terjadi hujan interupsi dari anggota dewan yang mempertanyakan tentang agenda tersebut. Umumnya anggota dewan mempertanyakan mengapa tidak sekalian penetapan alat kelengkapan dewan lainnya. Interupsi berasal dari H. Pua Saleh, Armin M Wasa dari Partai Demokrat.

Menurut keduanya, dengan dipisahkan paripurna tersebut maka akan memakan waktu dan anggaran yang lebih besar. “Sebaiknya dilaksanakan pada hari yang sama dengan penetapan alat kelengkapan dewan sehingga lebih efisien dalam hal biaya dan waktu,” kata Pua Saleh.

Pimpinan dewan Marcel Petu mengatakan, agenda tersebut sesuai dengan hasil konsultasi dengan Pemprov NTT. “Pelaksanaan agenda ini merupakan hasil konsultasi dengan Pemprov NTT yang mana sudah dikonsultasikan dari aspek hukum dan lainnya,” kata Marcel.

Marcel mengatakan, setelah penetapan pimpinan dewan defenitif maka agenda selanjutnya pembentukan kelengkapan dewan akan segera dilaksanakan. “Pembentukan kelengkapan dewan akan segera dilaksanakan setelah penetapan pimpinan defenitif,” kata Marcel.

Agenda tersebut akhirnya menetapkan Marcel Petu dari Golkar sebagai Ketua DPRD Ende. Wakil Ketua dijabat Fransiskus Taso dari PDI Perjuangan dan Anwar M. Liga dari PKB.

Komposisi pimpinan fraksi yang diumumkan Plh. Sekretaris Dewan adalah, Fraksi Partai Golkar dipimpin Ketua Herman Y. Wadhi, Wakil Ketua Ch.H.A. Rasyid, Sekrtaris Simplisius Mbipi. Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Ketua Yustinus Sani, Sekretaris Eugenia G. Lado Lay, Anggota Fransiskus Taso dan Oktavian M. Mesi (PPRN). Fraksi Partai Demokrat, Ketua H. Pua Saleh, Wakil Ketua, Armin W. Wasa, Sekretaris Philipus Kami, Erikos E. Rede (PKDI) dan Sudrasman Nuh (PBB).

Fraksi Kebangkitan Bangsa Ketua, Yulius Cesar Nonga, Sekretaris M. Anwar Liga dan anggota Abdulkadir H. M Basa. Fraksi PAN, Ketua Markus Gae (PAN), Wakil Ketua Yulius Rada (Gerindra), Wakil Ketua H.M.Tahir (PAN), Sekretaris Hj. Serviah D. Indradewa (PPD) dan Wakil Sekretaris Mariani Astuti Djuma (PAN). Fraksi Hanura Bintang Sejahtera, Ketua Damran I Baleti (Hanura), Wakil Ketua Achmad Alhabsy (PBR), Sekretaris H. Yusuf Oang (PKS) dan Anggota Tibertius D Toki (Hanura). Fraksi Pemuda Kebangsaan Berdaulat, Ketua Gabriel D Ema, (Kedaulatan) Wakil Ketua H, Sarwo Edy (PPI), Sekretaris Efraim B. Ngagga (PPI) dan anggota Heribertus Gani (PDK) dan Maximus Deki (Kedaulatan). (kr7)