Dana yang Terkumpul Rp. 67 Juta Lebih
22-Oct-2009

Oleh Yusvina Nona
Kamis, 22 Oktober 2009

Ende, Florespos.com – Dana yang terkumpul melalui pelelangan lagu dalam acara HalalbilHalal bersama keluarga besar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ende pada Rabu (21/10) sebesar Rp. 67 juta lebih.

Satu buah lagu yang dinyanyikan, baik oleh Bupati Ende maupun Sipri Sea dan Amatus Peta, Ketua DPRD Kabupaten Ende Marselinus Y.W. Petu, Ketua Pengadilan Ende, Marulak Purba, Dandim 1602 Ende, Frans Thomas serta partisipan bencana alam gempa bumi Padang dihargai sebesar Rp. 200.000 hingga Rp 10 juta.

Pemda Ende menyumbang Rp. 10 juta, DPRD Ende Rp 8.400.000, dan selebihnya adalah sumbangan dari BUMN, BUMD dan sumbangan pribadi. Bupati Ende, Donbosco M. Wangge yang memandu langsung penggalangan dana melalui lelang lagu itu mengatakan: suasana halalbilhalal yang dirasakan hari ini tidak demikian dirasakan oleh saudara-saudara kita di Padang Sumatera Barat.

Tangis dan linangan air mata telah membasahi bumi Padang Pariaman. Ribuan jiwa telah terkubur hidup-hidup oleh longsornya tanah dan robohnya bangunan. Tak terhitung harta benda yang ikut hancur. Anak- anak, orang tua, suami istri, sanak saudara telah kehilangan orang yang dicintai.

“Pada kesempatan ini, saya mau mengajak seluruh kita yang hadir, terketuk hatinya, berbagi rasa membantu saudara-saudara yang tertimpah musibah tersebut. Bukanlah semua agama mengajarkan kita untuk saling tolong menolong dan bersolidaritas? Sebagai wujud solidaritas sesama bangsa, saya mengharapkan uluran tangan dan sumbangan kita semua terhadap korban kemanusiaan di Padang,”ujar Bupati Don.

Ketua panitia acara halalbilhalal bersama, Asisten I Setda Ende Hendrikus Seni, menjelaskan: tema acara “Mewujudkan Rasa Solidaritas Antarsesama Masyarakat Ende Lio Sare Pawe” adalah langkah tepat kita untuk membantu para korban bencana alam gempa di Padang – Sumatera Barat.

Di lingkup Pemkab Ende, acara penggalangan dana ini, katanya, sudah diinformasikan sebelumnya kepada seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). “Selama ini dari Pemkab sendiri sudah ada. Kita bantu saat itu kurang lebih Rp. 25 juta untuk warga Padang korban bencana gempa yang ada di Ende. Mudah-mudahan hari ini (kemarin) yang kita fokuskan untuk para udangan yang hadir ini bisa terkumpul banyak guna membantu saudara-saudara kita,”katanya.

Hendrik juga mengatakan, selain penggalangan dana yang melibatkan para undangan dalam acara halalbilhalal itu, Pemkab Ende juga akan membuka rekening bantuan bencana bagi siapa saja yang hendak meringankan beban saudara-saudara kita di Padang. *