Pemerintah Kabupaten Ende mengelar Halalbihalal bersama memperingati hari Raya Idul Raya 1 Syawal 1430 Hijriah sekaligus dilakukannya penggalangan dana bagi korban Gempa Bumi di Padang Pariaman Sumatera Barat, bertempat di Halaman Kantor Bupati Ende, Rabu (21/10). Acara Halalbihalal ini mengambil tema “ Dengan Semangat Halalbihalal, Kita Tingkatkan Silaturahrahmi dan Solidaritas Bencana.

Ketua Pengadilan Agama Kabupaten Ende Syaiful Heja dalam hikmah Halalbihalal mengatakan hari ini adalah momen kebersamaan dalam kasih dan kepedulian. Dia berharap momen ini dapat membawa kesejukan emosional, kedamaian dan kemaafan serta menjauhkan segala pertentangan di antara sesama sebagai suatu keluarga besar bangsa ini. Makna Ramadhan dan Idul Fitri, menurut Syaiful, hendaknya dapat meresap dalam sanubari, melandasi setiap aktifitas dan menjadi daya dorong untuk terus bergandengan tangan dalam upaya membangun diri, masyarakat dan daerah menuju kesejahteraan bersama seluruh umat manusia.

Sementara itu Bupati Ende Drs Don Bosco M. Wangge, M.Si dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada segenap umat muslim yang telah mencapai kemenangan di bulan suci Ramadhan dan merayakan kemenangan di hari Idul Fitri 1 Syawal 1430 Hijriah. “ Saya percaya Puasa Ramadhan yang dilaksanakan dengan penuh kesungguhan serta didorong oleh iman dan taqwa serta harapan akan ampunan Allah, kiranya dapat mewarnai seluruh sikap tingkah laku kita setiap hari, “ kata Bupati Don. Diyakini Bupati Don, bahwa ibadah yang dijalankan ini mempu menempuh dan membentuk sikap mental dan kehidupan spritual islami, sehingga dapat menjadi pribadi-pribadi muslim yang beriman, taat dan patuh kepada segala aturan dan kehendak Tuhan

Halalbihalal yang diselenggarakan Keluarga Besar Pemerintah Kabupaten Ende ini berhasil menggumpulkan dana Rp 67 juta lebih untuk disumbangkan kepada korban gempa bumi di Padang Sumatera Barat. Pengumpulan dana ini dilakukan melalui lelang lagu yang dipandu langsung oleh Bupati Don. Satu lagu yang dinyanyikan dihargai Rp 200 ribu hingga Rp 10 juta. Yang tampil menyanyi adalah Bupati Don yang diwakilkan kepada Sipri Sea dan Amatus Peta, Ketua DPRD Marselinus Y.W. Petu, Ketua Pengadilan Marulak Purba, Dandim 1602 Ende Frans Thomas dan para partisipan. Tampak Gambar : Bupati Ende sedang melakukan penggalangan dana.

Sumber : http://www.endekab.go.id/index.php?menu=cds2&action=dibaca&id=195