Peringatan Sumpah Pemuda kiranya Bangsa Indonesia kembali merenungkan dan menghayati jiwa dan semangat yang terkandung dalam nilai-nilai Sumpah Pemuda yang telah diikrarkan pada waktu yang lalu oleh para pemuda dari berbagai suku, agama dan latar belakang budaya yang plural. Hal ini disampaikan Menteri Pemuda dan Olahraga Dr. Alvian Andi Malarangeng dalam sambutan tertulis dibacakan oleh Bupati Ende Drs Don Bosco M Wangge, M.Si. selaku Inspektur Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke – 81 Tingkat Kabupaten Ende bertempat di Lapangan Pancasila, Rabu (28/10).

Lebih lanjut Bupati Don mengatakan Peringatan Sumpah Pemuda tahun ini bertepatan dengan 101 tahun Hari Kebangkitan Nasional dan 11 tahun Reformasi , tiga moment sejarah yang sangat penting dalam perjuangan bangsa Indonesia saat ini dipelopori oleh para pemuda di jamannya. “ Berdirinya Budi Utomo merupakan awal penyemaian nilai-nilai kebangsaan, dan tumbuhnya kesadaran untuk memikirkan nasib bangsanya. Sumpah Pemuda merupakan momentum yang telah membangun komitmen kolektif bangsa untuk bersatu dan mengembangkan jiwa nasionalisme ditengah hegemoni kolonialisme penjajah. Reformasi yang digagas oleh para mahasiswa merupakan koreksi terhadap berbagai ketimpangan yang terjadi salam orde baru menuju mlebih demokratis, memperkuat supremasi hukum dan pengelolaan negara yang lebih akuntable, “ kata Bupati Don.

Bupati Don seusai Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda mengatakan berkaitan dengan upacara peringatan Sumpah Pemuda seharusnya masyarakat harus selalu menjadi orang muda, dalam pengertian selalu berbuat sesuai dengan apa yang sudah diikrarkan pada 28 Oktober 1928 yang lalu. Karena itu jagalah persatuan dan kesatuan sesuai dengan semangat sumpah Pemuda yang sudah diikrarkan. Juga diharapkan orang muda berpartisipasi aktip dalam membangun bangsa dan negara terutama daerah masing-masing. Dirinya meminta kepada kaum muda untuk selalu menciptakan lapangan kerja dengan membina kemandirian.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun ini mengusung tema, “ Pemuda Mandiri Indonesia Maju dan Bersatu “. Tema ini mengandung peran bahwa bekal menuju Indonesia sejahtera adalah dengan mencetak , membangun dan mengembangkan pemuda Indonesia yang patriotik, memiliki jati diri, memiliki wawasan dan jiwa nasionalis-religius, berpegang teguh pada komitmen untuk tetap bersatu berdaulat dibawah naungan Negara Kesatuan Republik Indonesia . Peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke-81 ini dimeriahkan dengan Paduan Suara dari SMK Negeri II Ende. Hadir pada upacara tersebut Wakil Bupati Ende Drs Achmad Mochdar, Ketua DPRD Ende Marcelinus Y.W.Petu, Para Muspida , Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Ormas Kepemudaan, TNI dan Polri, serta para PNS dan para siswa dari tingkat SD hingga SLTA serta Perguruan Tinggi yang ada di kota Ende. (adm)

Sumber : http://www.endekab.go.id/index.php?menu=cds2&action=dibaca&id=202