SEBANYAK 50 JEMAAH HAJI KABUPATEN ENDE DILEPAS BUPATI DON

Sumber : http://www.endekab.go.id/index.php?menu=cds2&action=dibaca&id=205

Bupati Ende Drs Don Bosco M Wangge, M.Si Senin (2/11) bertempat di Lantai II Kantor Bupati Ende secara resmi melepas Jemaah Haji asal Kabupaten Ende sebanyak 50 orang.. Adapun rincian Calon Jemaah Haji Kabupaten Ende sebagai berikut, Kecamatan Ende Selatan 13 orang, Ende Utara 8 orang, Ende Tengah 18 orang,Ende Timur 4 orang, Nangapanda 3 orang , Pulau Ende 3 orang dan Wolowaru 1 orang.

Kepala Seksi Urusan Agama Islam dan Penyelenggara Haji A.Wahab dalam laporannya mengatakan jumlah calon Jemaah Haji yang akan diberangkatkan dari Kabupaten Ende adalah 50 orang. Dengan perincian 49 orang adalah calon Jemaah Haji dan 1 orang pendamping dari Dinas Kesehatan Kabupaten Ende. Dan sebagai pimpinan rombongan dipercayakan kepada Drs. Mohamad Husni. Lebih lanjut Wahab mengatakan para Jemaah Haji ini sudah menjalankan Manasik Haji dalam dua kali pertemuan. Dan mereka sudah menjalankan pemeriksaan kesehatan baik itu di Puskesmas Kota maupun di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ende. “ Kalau tidak ada halangan insyaallah para calon jemaah haji ini akan diberangkatkan pada tanggal 4 Nopember 2009, “ kata Wahab.

Sementara itu, Bupati Ende Drs Don Bosco M Wangge, M.Si dalam arahannya berpesan untuk selalu menjaga kesehatan, mentaati segala aturan dan disiplin serta mejaga pola makan karena kesehatan adalah sangat penting karena kondisi iklim di Arab Saudi selalu berubah-ubah. “Tanamkan disiplin diri, pupuklah pergaulan dalam semangat silahturahmi dan amalkan nilai-nilai Islami. Karena misi kita ke tanah suci adalah misi suci,” kata Bupati Don. Mengenai harapan dari Pemerintah Kabupaten Ende kedepan berkaitan dengan penyelenggaraan haji, Bupati Don mengatakan kiranya kuota yang sudah diperuntukan kiranya tidak berkurang. Karena kalau memakai standar dari Arab Saudi tiap seribu orang mendapat satu calon maka kuota untuk Kabupaten Ende diperkirakan 80 orang. Dan tahun ini kuotanya paling sedikit.Lebih jauh Bupati Don berharap kiranya jatah yang sudah diperuntukan bagi kabupaten hendaknya tidak diberikan kepada propinsi lain, karena menurutnya praktek seperti ini biasa terjadi. Bupati Don juga berharap dalam evaluasi nantinya Kanwil Agama bisa mengundang para Bupati untuk dapat duduk bersama membicarakan evaluasi kegiatan pelaksanaan Ibadah Haji nantinya.

Sementara itu Kepala Kantor Agama Kabupaten Ende, Sarman Marcelinus ketika ditanya tentang jadwal keberangkatan mengatakan, para jemaah akan diberangkatkan pada 4 Nopember melalui Bandara Haji Aruboesman dengan menggunakan pesawat Tran Nusa kemudian transit di Kupang dengan menggunakan Mandala menuju Surabaya dan bermalam di hotel Andalas. Tanggal dan tanggal 6 Nopember masuk asrama Haji Sukolilo. Dan diberangkatkan ke Saudi Arabia pada tanggal 7 Nopember. (adm)