Kamis, 05 Nov 2009, | 7
Bukan Kuantitas Tetapi Kualitas Koperasi

ENDE, Timex-Yang dibutuhkan dalam mempersiapkan Kabupaten Ende sebagai kabupaten koperasi adalah kualitas sumber daya manusia (SDM), bukan kuantitas atau banyaknya koperasi yang ada di Kabupaten Ende.

Karena dengan kualitas pengurus dan anggota yang baik maka koperasi akan berkembgang dengan baik. Hal ini disampaikan Bupati Ende, Don Bosco M Wangge ketika membuka kegiatan Rapat Evaluasi Program Pemberdayaan KUKM Tingkat Propinsi Lintas kabupaten/kota se-Nusa Tenggara Timur, Selasa (3/11) di Hotel Dwi Putera Ende.

Dikatakan Don Wangge, Sumber Daya Manusia yang baik dari pengurus maupun para anggotanya harus dipersiapkan demi peningkatan dan pengembangan koperasi ke depan.

“Pemerintah ke depan akan terus komit membangun SDM baik itu pengurus maupun para anggota. Bukan jumlah atau banyaknya koperasi yang ada. Kita menghidupkan koperasi degan mempersiapkan manusianya dengan melalui pelatihan ataupun diklat yang berhubungan dengan koperasi. Yang diutus nantinya bukan kepala dinas karena yang bekerja adalah pengurus,” kata Don Wangge.

Ketika ditanya berkaitan pengalokasian dana bagi pengembangan kabupaten Koperasi, Don Wangge menjelaskan ke depan dalam rencana strategis diharapakan SKPD dapat memberikan rencana kerja yang jelas sehingga alokasinya jelas pula.

Sementara itu Kepala Dinas Kopeasi UKM Propinsi Nusa Tenggara Timur, Paulus Rante Tadung di sela-sela kegiatan mengatakan, maksud dari kegiatan ini untuk melakukan evaluasi terhadap berbagai kegiatan dan program yang telah dilakukan tahun 2009 yang beberapa bulan lagi akan berakhir.

Dikatakan Paulus, kegiatan ini melibatkan seluruh Dinas Koperasi yang ada di kabupaten dan kota di Nusa Tenggara Timur. “Meski ada empat kabupaten yang sudah menjadi kabupaten koperasi tetapi itu tidak berarti sudah selesai. Tetapi harus terus-menerus dievaluasi. Sehingga ke depan mesti lebih giat lagi dengan cara meningkatkan Sumber Daya Manusia seingga bisa lebih maju,” demikian kata Paulus.

Dirinya juga berjanji akan memperhatikan peningkatan Sumber Daya Manusia terutama bagi para pengurus koperasi dan juga bagi pengelola dan management koperasi. “Karena bila ingin maju koperasi maka perbaiki dulu SDM-nya,” katanya. (kr7)