Sumber : http://portal.endekab.go.id/component/content/article/40-berita/454-evakuasi-bangkai-km-nusa-damai-sementara-dihentikan.html

Upaya pengangkatan bangkai KM Nusa Damai oleh PT. Nautica Maritim Salvage dihentikan sementara. Evakuasi akan dilanjutkan lagi Agustus mendatang. Demikian dikatakan Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Ende Abraham Badu, Rabu (23/05).

Abraham mengatakan alasan penghentian sementara kegiatan evakuasi, karena musim angin tenggara. Musim ini, kondisi laut di Pelabuhan Ippi tidak bersahabat. “ Biasanya kalau musim tenggara seperti ni tidak ada aktivitas apapun di kawasan Pelabuhan Ippi. PT. Nautica setelah melakukan komunikasi dengan nelayan Ippi, kemudian memutuskan kegiatan evakuasi ini dan akan kembali dilakukan agustus nanti, “ kata Abraham.

Lebih lanjut Abraham menjelaskan proses evakuasi bangkai kapal itu dilakukan tiga tahap, yakni persiapan, pengendapan dan pengapungan. Pekerjaan hingga saat ini telah masuk dalam pengendapan. “ Pekerjaan dilanjutkan Agustus nanti, tim dari perusahan akan pasang balon di sejumlah bagian kapal, baru diangkat dari kedalaman 40 meter dengan kapal tongkang, “ kata Abraham.

Menyinggung soal ribuan ton minyak solar yang masih ada ditangki kapal itu, Abraham mengatakan, dirinya belum mendapat informasi secara persis dari tim penyelam perusahaan tersebut bahwa minyak solar masih ada atau tidak. Tetapi dirinya telah jauh hari berkoordinasi dengan pihak PT. Pertamina untuk mengantisipasi dengan sarana yang ada guna mencegah terjadinya tumpahan minyak ke laut jika masih ada minyak.

Mengenai batas waktu kegiatan evakuasi, Abraham menuturkan evakuasinya disepakati berlangsung 8 bulan. Untuk masa pekerjaan tersebut Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Ende telah memberikan adendum bagi perusahaan itu. “ Perusahaan ini sungguh-sungguh bekerja dan telah memberikan uang jaminan kepada Pemda sebesar Rp. 500 juta. Uang itu masuk ke kas daerah, “ kata Abraham.(adm,pt)