Laporan Wartawan Pos Kupang, Romualdus Pius

Editor: alfred_dama

 

POS KUPANG.COM, ENDE — Sebanyak 678 personil kepolisian dari Polres Ende siap mengamankan pelaksanaan Pemilu Bupati dan Wakil Bupati Ende putaran kedua yang akan dilangsungkan pada Senin (2/12/2013).

Kapolres Ende, AKBP Musni Arifin kepada Pos Kupang di Ende, Rabu (27/11/2013) menjelaskan personil polisi yang disiapkan untuk mengamankan pelaksanaan Pilkada Kabupaten Ende secara tehknis diawali dengan melakukan pengamanan proses pendistribusian logistik untuk keperluan Pilkada oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten ke masing-masing kecamatan hingga ke desa maupun kelurahan bahkan ke lokasi TPS yang ada di seluruh Kabupaten Ende.

Selain mengamankan proses pendistribusian logistik jelas Kapolres Musni anggota polisi juga disiapkan untuk mengamankan pelaksanaan proses pencoblosan di masing-masing TPS.

“Anggota yang dikirim untuk mengamankan proses pencoblosan diupayakan satu anggota mengawasi dua hingga tiga TPS namun itu sangat tergantung dari tingkat kerawanan yang terjadi karena jika ada TPS yang masuk dalam kategori rawan maka bisa saja satu anggota mengawasi dua TPS,”kata Kapolres Musni.

Dijelaskan selain anggota polisi dari Polres Ende pelaksanaan Pilkada Kabupaten Ende juga akan dibantu oleh anggota polisi dari Polres Sikka dan Polda NTT serta Brimob Ende juga anggota TNI.

“Kalau pada Pilkada putaran pertama mendapatkan bantuan dari Polres Ngada namun karena di Kabupaten Nagekeo dalam waktu dekat ada pelantikan Bupati Nagekeo maka anggota Polres Ngada dipersiapkan untuk pengamanan pelantikan Bupati Nagekeo yang juga membutuhkan banyak anggota polisi untuk melakukan pengamanan,”kata Kapolres Musni.

Anggota polisi yang dikirim untuk melakukan pengamanan proses pencoblosan juga bertugas melakukan pengamanan proses perhitungan mulai dari TPS, PPK hingga di tingkat KPU Kabupaten Ende. Hal itu dilakukan guna menjamin proses perhitungan suara agar benar-benar aman bebas dari intervensi sehingga dengan demikian Pilkada Kabupaten Ende yang jujur, adil dan bertabat dapat tercipta sebagaimana harapan seluruh masyarakat Kabupaten Ende.